INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Meningkatkan Pemahaman Antarbudaya dan Praktik Keperawatan melalui Serangkaian Kegiatan Student Reflection di La Trobe University, Australia

  • By Alina Ramadani
  • In Ners News
  • Posted 01 September 2024

NERS NEWS – Kegiatan student outbound di La Trobe University, Australia pada hari kedua belas, Jumat (16/08/2024) merupakan hari terakhir. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari terakhir tersebut merupakan Student Reflection. Student Reflection merupakan proses di mana mahasiswa mengevaluasi dan menganalisis pengalaman belajar untuk meningkatkan pemahaman tentang materi dan proses pembelajaran yang telah dilaksanakan selama 2 minggu. Refleksi ini memungkinkan mahasiswa untuk mempertimbangkan apa yang telah mereka pelajari, bagaimana mereka telah belajar, dan bagaimana mereka dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh baik terkait budaya maupun pendidikan keperawatan di La Trobe University, Australia.

Kegiatan student reflection diawali dengan pembukaan oleh akademik La Trobe University yang bertugas. Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan hasil refleksi kelompok sesuai dengan masing-masing universitas dan negara. Pemaparan hasil refleksi tersebut terkait hal yang disukai selama program kegiatan, persamaan dan perbedaan budaya dan praktik baik dalam kehidupan sehari-hari maupun keperawatan, manfaat yang dapat diambil selama proses kegiatan, dan tentunya segala hal menarik tentang Melbourne seperti makanan dan tempat wisatanya. Mahasiswa Fakultas Universitas Airlangga berkesempatan untuk menampilkan tarian tradisional sebagai bentuk pengenalan dan pertukaran budaya dalam serangkaian program student outbound.

Banyak juga dari mahasiswa yang menyampaikan aspirasinya terkait hal yang harus ditingkatkan terkait program kegiatan dan hal yang terdapat di Melbourne. Misalnya, waktu program yang relatif singkat. Selain itu, beberapa dari mahasiswa mancanegara seperti Hongkong dan Inggris menyampaikan bahwa kehidupan malam hari dan transportasi di Melbourne kurang baik dibandingkan dengan negara asalnya.

Kegiatan student reflection sekaligus penutup dalam program student outbound memberikan banyak sekali manfaat terutama dalam hal mengevaluasi sekaligus bonding peserta selama 2 minggu mengikuti intercultural program di La Trobe University, Australia. Melalui kegiatan ini, pihak penyelenggara dan peserta dapat mengevaluasi dan mengenal budaya di berbagai negara. Dengan demikian, hal tersebut memungkinkan para mahasiswa maupun akademisi menjalin hubungan dan kerjasama dalam hal pendidikan.

 

Penulis : Putri Febrianti Setyaning Arum
Editor : Alina Ramadani (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 13

Berita Terbaru