INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Pemanfaatan Teknologi dalam Pendidikan dan Praktik Keperawatan melalui Simulation Lab di La Trobe University Australia

  • By Anindya Putri Ravina
  • In Ners News
  • Posted 31 August 2024

NERS NEWS – Kegiatan Student Outbound di La Trobe University, Australia pada hari kedua yakni Selasa (6/08/2024) dilaksanakan program Simulation Lab (SIMLAB) di laboratorium Nursing and Midwifery La Trobe University. Kegiatan SIMLAB merupakan kegiatan praktik yang dilakukan oleh mahasiswa di laboratorium khusus dimana mahasiswa dapat mempraktikkan materi yang sudah didapatkan di kelas kepada phantom yang didukung dengan kecanggihan teknologi sehingga phantom tersebut bisa berbicara sesuai dengan kondisi yang dikehendaki. Kegiatan tersebut dihadiri oleh para peserta Intercultural Program yang terdiri dari Universitas Airlangga (Indonesia), National University of Singapore (NUS), Hongkong University, Hongkong Polytechnic, University of Macau, dan Leeds Beckett University (England).

Kegiatan SIMLAB dimulai pada pukul 12.00 hingga 17.00. Kegiatan dimulai dengan pengarahan oleh akademik yang bertugas. Selanjutnya, para mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk masing-masing mencoba melakukan simulasi kepada pasien sesuai dengan kasus yang diberikan. Dalam pelaksanaan SIMLAB, mahasiswa diminta untuk melakukan asuhan keperawatan mulai dari pengkajian hingga evaluasi sesuai kasus yang diberikan. Akademik pengampu berada pada ruangan berbeda untuk memantau dan melakukan voice over yang secara langsung terhubung ke phantom sehingga proses praktik keperawatan terjadi secara 2 arah antara mahasiswa dan phantom. Kegiatan SIMLAB ini dilakukan oleh seluruh kelompok untuk selanjutnya akan diberikan masukan dan evaluasi oleh akademik pada akhir kegiatan. Pada pukul 15.00, kegiatan dilanjutkan dengan skills lab. Para peserta student outbound diberikan waktu di dalam ruangan yang ditata menyerupai rumah sakit. Peserta diminta untuk melakukan praktik mandiri sekaligus berdiskusi dengan peserta dari negara lain terkait proses keperawatan yang diberikan kepada pasien. Seluruh kegiatan diakhiri pada pukul 17.00.

Kegiatan Simulation Lab ini melatih mahasiswa untuk berpikir kritis dan tanggap terkait masalah keperawatan yang dihadapi di ruangan. Pada kegiatan ini, mahasiswa dapat saling memberikan argumen terkait penatalaksanaan yang dilakukan sesuai dengan teknik atau budaya pada masing-masing negara. Beberapa mahasiswa mancanegara telah melakukan kegiatan SIMLAB di Universitasnya, sehingga beberapa mahasiswa sudah terlatih dan terbiasa dengan proses praktikum ini. “Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga sebenarnya memiliki phantom dan alat-alat yang digunakan untuk SIMLAB ini, namun ruangan di fakultas kami yang tidak mendukung untuk dilakukan kegiatan SIMLAB. Semoga kedepannya Fakultas Keperawatan dapat menerapkan kegiatan SIMLAB ini.” ujar Retno Indarwati S.Kep., Ns., M.Kep selaku Dosen Fakultas Keperawatan yang turut serta mendampingi mahasiswa untuk student outbound di La Trobe University, Australia.

 

Penulis : Putri Febrianti Setyaning Arum
Editor : Anindya Putri Ravina (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 21

Berita Terbaru