INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Tingkatkan Pengetahuan dan Inovasi Kesiapsiagaan Bencana melalui Serangkaian Kegiatan Seminar Pekan Keperawatan Muslim SKINERS FKp UNAIR

  • By Anindya Putri Ravina
  • In Ners News
  • Posted 29 August 2024

Ners News - Organisasi Mahasiswa Sie Kerohanian Islam Ners (SKINERS) sukses menggelar Pekan Keperawatan Muslim dan Islamic Health Essay Competition (PKM IHEC) FKp telah dilaksanakan pada hari Sabtu (03/09/2024). Acara tersebut dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom. PKM IHEC terdiri dari dua kegiatan, yakni lomba esai tingkat nasional dan seminar keperawatan muslim nasional. Tema yang diangkat pada acara tersebut adalah “Kesiapsiagaan Bencana dalam Pelayanan Kesehatan melalui Integrasi Teknologi Inovatif dan Spiritualitas untuk Meningkatkan Respon Darurat”. Kegiatan seminar tersebut dilaksanakan melalui zoom meeting dan telah diikuti oleh mahasiswa muslim di seluruh daerah di Indonesia.

Kegiatan seminar Pekan Keperawatan Muslim (PKM) diawali dengan pembukaan dan dilanjutkan dengan materi seminar. Materi seminar yang pertama mengangkat subtema “Meningkatkan Kesiapsiagaan Bencana melalui Integrasi Model Keperawatan yang Berpusat pada Pemanfaatan Teknologi untuk Efisiensi Layanan Kesehatan”. Materi tersebut disampaikan langsung oleh Dr. Ninuk Dian K., S.Kep., Ns., MANP selaku Dosen Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga. Beliau menyampaikan mengenai Integrasi model keperawatan dengan pemanfaatan teknologi dalam kesiapsiagaan bencana dapat meningkatkan efisiensi pelayanan kesehatan dengan beberapa pendekatan. Salah satunya yakni Telemedicine. Teknologi telemedicine memungkinkan tenaga kesehatan memberikan konsultasi dan penilaian awal secara jarak jauh, mengurangi kebutuhan transportasi dan mempercepat respons kesehatan bagi korban bencana. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan kesehatan selama bencana tetapi juga berkontribusi pada kesiapsiagaan yang lebih baik dalam menghadapi situasi darurat di masa depan.

Kegiatan seminar dilanjutkan dengan pemaparan materi kedua dengan mengangkat subtema “Inovasi Adaptasi dalam Penanganan Bencana melalui Kolaborasi antara Nilai-nilai Kesehatan Islam dan Praktik Kesehatan Modern dalam Pengembangan Program Kesehatan Komunitas yang Berkelanjutan”. Materi tersebut disampaikan langsung oleh Dr, Hanik Endang N., S.Kep., Ns., M.Kep selaku Dosen Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga. Beliau menyampaikan mengenai mengintegrasikan nilai-nilai kesehatan Islam dengan praktik kesehatan modern dalam penanganan bencana dapat menjadi pendekatan inovatif yang efektif dalam pengembangan program kesehatan komunitas yang berkelanjutan. Kolaborasi ini tidak hanya memperkuat respons bencana tetapi juga memperkuat ikatan sosial dan spiritual dalam komunitas.

“Kegiatan yang telah disiapkan dari awal hingga akhir ini berjalan lancar. Meskipun mungkin ada sedikit hambatan, kami bersyukur hambatan tersebut dapat terselesaikan. Pada kegiatan IHEC ini, para peserta sangat inovatif dan interaktif sekali. Para peserta aktif bertanya mengenai kesiapsiagaan bencana dengan inovasi teknologi dan spiritualitas. Hal tersebut menjadikan kegiatan ini sangat menarik dan kami harap kegiatan ini dapat dilaksanakan pada tahun-tahun berikutnya.”, ujar Aulia selaku ketua pelaksana kegiatan dalam menyampaikan persiapan yang telah dilakukan dalam menyusun kegiatan seminar tersebut.

 

Penulis : Putri Febrianti Setyaning Arum (Airlangga Nursing Journalist)
Editor : Anindya Putri Ravina (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 30

Berita Terbaru