INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Mengenal Budaya dan Praktik Keperawatan melalui Serangkaian Program Students Outbound di La Trobe University, Australia

  • By Alina Ramadani
  • In Ners News
  • Posted 30 August 2024

NERS NEWS – Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga sukses melaksanakan program student outbound di La Trobe University, Australia. Program student outbound merupakan kegiatan yang dilakukan dalam rangka memfasilitasi mahasiswa untuk memiliki wawasan internasional dan saling berkolaborasi serta memperkuat jejaring kerjasama, pemahaman sosial dan kultural negara tujuan, serta memberikan pengalaman secara langsung bagaimana program pendidikan di luar negeri terutama Australia program rutin yang dilaksanakan setiap tahun oleh Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga. Program student outbound ini diikuti oleh 2 dosen Fakultas Keperawatan yakni salah satunya Dr. Retno Indarwati., S. Kep., Ns., M.Kep. serta 5 mahasiswa yang terdiri dari program A dan program B. Mahasiswa tersebut antara lain : Anandaryan Alifianing Sinaga (A20), Putri Febrianti Setyaning Arum (A21), Tsabita Amalia Haq (A21), Titania Ning Tyas Arum (B26), dan Inas Sahirah (B26) Kegiatan student outbound tersebut dilakukan selama 2 minggu dimulai pada Senin (5/7/2024) sampai (16/7/2024).

Kegiatan student outbound ini mengusung tema Intercultural Program. Kegiatan dimulai pada hari Senin (5/7/2024) yang diawali dengan orientasi La Trobe University. Para peserta student outbound menerima materi tentang Nursing and Midwifery di La Trobe University. Selanjutnya, para peserta juga menerima materi mengenai praktik keperawatan dan pendidikan keperawatan yang ada di Australia terutama di La Trobe University. Terdapat beberapa perbedaan antara Australia dan Indonesia mengenai sistem pendidikan keperawatan. Australia membebaskan seseorang untuk mengambil program double degree di Nursing and Midwifery. Pendidikan keperawatan di Australia bisa ditempuh hanya selama 3 tahun dan 4 tahun untuk double degree. Sedangkan di Indonesia, menyelesaikan pendidikan ditempuh selama 5 tahun.

Kegiatan student outbound pada hari pertama ini juga mengajak para peserta untuk keliling mengenal area dan ruangan serta berbagai jurusan di La Trobe University. Selain itu, pada kegiatan ini dilaksanakan juga kegiatan menarik sebagai penutup kegiatan Intercultural Program di La Trobe University, Australia. Kegiatan tersebut yakni ice breaking yang bertujuan untuk saling mengenal budaya dari berbagai negara peserta. Negara-negara tersebut terdiri dari Inggris, Hongkong, Macau, Singapore, dan Indonesia.

 

Penulis : Putri Febrianti Setyaning Arum
Editor : Alina Ramadani (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 33

Berita Terbaru