INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Penyuluhan Kesehatan Rumah Sakit (PKRS): Transfusi Darah di Bedah Dahlia RSUD Dr. Soetomo

  • By Nasya Puspita Anggraeni
  • In Ners News
  • Posted 08 October 2024

NERS NEWS - Pada hari Kamis, 3 Oktober 2024 kelompok 2.2 RSDS mahasiswa Profesi Ners Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga melakukan penyuluhan kesehatan rumah sakit (PKRS). Penyuluhan ini dilakukan di Ruang Bedah Dahlia RSUD Dr. Soetomo.

Penyuluhan ini berhasil diselenggarakan oleh Mahasiswa Profesi Ners Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga yang dibimbing oleh Ibu Ika Nur Pratiwi, S.Kep., Ns., M.Kep. Pelaksanaan berlangsung selama 30 menit yang terdiri dari sesi pembukaan, penyampaian materi dan tanya jawab, dan penutup. Pada sesi penyampaian materi peserta menerima penjelasan mengenai definisi dari transfusi darah, tujuan dari transfusi darah, kondisi yang memerlukan transfusi darah, tata cara transfusi darah, dan hal-hal yang perlu diperhatikan ketika transfusi darah. Penyuluhan mengenai transfusi darah ini meningkatkan pengetahuan keluarga pasien sebagai mitra perawat dalam melakukan perawatan kepada pasien selama sakit, sehingga ketika diperlukan tindakan transfusi darah kepada pasien, keluarga dapat memahami tindakan tersebut dengan baik.

Penyuluhan ini diikuti oleh 11 orang keluarga pasien dengan metode ceramah dan diskusi interaktif. Peserta antusias dengan materi yang disampaikan utamanya oleh peserta yang keluarganya mendapatkan terapi tranfusi darah selama dirawat di Ruang Bedah Dahlia RSUD dr. Soetomo. Pada sesi diskusi, terdapat 3 peserta yang bertanya tentang reaksi transfusi darah yang lebih dari satu hari setelah transfusi diberikan penangannya seperti apa, jika transfusi yang dibutuhkan hanya sel darah putih bagaimana cara mendapatkannya, dan apabila terdapat reaksi menggigil beberapa menit saat transfusi darah berlangsung apa yang harus dilakukan oleh keluarga. Pertanyaan tersebut dijawab dengan baik oleh pemateri dan juga diberikan sedikit tambahan penjelasan oleh pembimbing klinik, sehingga pertanyaan keluarga pasien tersebut dapat terjawab dengan baik.

Dengan diadakannya penyuluhan ini, diharapkan keluarga pasien memiliki pengetahuan yang cukup untuk ikut berperan aktif dalam proses perawatan pasien. Hal ini bertujuan agar prosedur transfusi darah berjalan lancar dan aman, serta mengurangi potensi komplikasi yang tidak diinginkan. Pihak RSUD Dr. Soetomo juga berkomitmen untuk terus memberikan edukasi dan pelayanan terbaik bagi pasien guna mendukung kesembuhan dan keselamatan mereka.

 

Penulis : Rahma Nur Hamidah
Editor : Nasya Puspita A (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 36

Berita Terbaru