INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Kunjungan Rumah Sakit oleh Mahasiswa Student Outbound Fkp Unair di Rumah Sakit Sultan Al Abdullah, UiTM, Selangor, Malaysia

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 04 November 2023

NERS NEWS – Hari kelima kegiatan student outbound di Fakulti Sains Kesihatan, Universiti Teknologi Mara dimulai dengan kunjungan rumah sakit atau Hospital Visit ke Hospital Al Sultan Abdullah, Puncak Alam, Selangor. Hospital visit merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan student outbound yang bertujuan untuk menambah wawasan dan pengalaman bagi mahasiswa dan dosen mengenai praktik klinik yang ada di suatu pelayanan kesehatan. Kegiatan hospital visit dipandu oleh Puan Noorfadzilah Ismail selaku clinical instructor dari Department of Nursing, Fakulti Sains Kesihatan, UiTM.

Pada kegiatan tersebut, mahasiswa student outbond Fakultas Keperawatan mendapatkan kesempatan untuk belajar di ruang rawat inap pasien bedah dan obgyn. Di ruang rawat inap bedah mayoritas pasien adalah lansia dengan usia > 50 tahun dengan berbagai macam penyakit yang membutuhkan operasi pembedahan oleh dokter spesialis. “Dalam ruang inap ini, kami menyediakan 20 bed untuk pasien yang akan melakukan pembedahan maupun yang selesai melakukan pembedahan dan sedang pemulihan”, kata Puan Noorfadzilah. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan mengunjungi ruang IGD di sebelah timur rumah sakit. Disana terdapat tiga pintu masuk IGD yang berbeda sesuai dengan jenis kegawatdaruratan pasien.

Hospital al Abdullah sendiri baru beroperasi pada 5 April 2021 dengan menyediakan beberapa layanan, seperti kegawatdaruratan, obstetrik, pediatrik, ginekologi, psikiatri, ophthalmology & otorinolaringologi, dan NICU/PICU. Selain difungsikan sebagai pelayanan rumah sakit untuk melayani pasien, Hospital Al Abdullah juga digunakan untuk praktik klinik mahasiswa kesehatan Universiti Teknologi Mara, dari mahasiswa, kedokteran, keperawatan, farmasi, fisioterapi, dan jurusan kesehatan lainnya.

Pada kesempatan tersebut, mahasiswa juga dapat memasuki ruangan perpustakaan perubatan Tun Abdul Razak yang terdapat di lantai 2. Disana mahasiswa dapat membaca beberapa sumber referensi mengenai jenis-jenis penyakit dan tindakan medis yang bisa dilakukan oleh tenaga kesehatan.

 

Penulis : Aryan Firmansyah
Editor : Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 542

Berita Terbaru