INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Pencegahan Hipertensi di Irna 6 Graha Trimed Surabaya

  • By Nasya Puspita Anggraeni
  • In Ners News
  • Posted 02 September 2024

NERS NEWS - Kehidupan di Indonesia semakin lama kian berkembang pesat, mulai dari makanan dan minuman yang sebelumnya masih memerlukan pengolahan yang lama kini berubah menjadi makanan cepat saji. Hal tersebut mungkin menjadi pilihan bagi orang-orang jaman sekarang karena padatnya aktivitas sehingga tidak sempat untuk memasak. Ironinya, makanan saat ini sudah terlalu banyak mengandung bahan yang dapat memicu timbulnya penyakit, salah satunya adalah garam. Garam diperlukan oleh tubuh untuk menjaga keseimbangan cairan, tetapi apabila dikonsumsi dengan jumlah yang berlebihan dapat menyebabkan penyakit hipertensi. Hipertensi dapat timbul akibat mengkonsumsi garam yang terlalu banyak. Hipertensi dapat terjadi pada siapapun sejak usia 20 tahun dan sulit dideteksi. Apabila hipertensi tidak ditangani, dampaknya dapat merambat ke penyakit-penyakit yang merusak organ dalam seperti ginjal, jantung, otak dan sebagainya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Kelompok 5 KMB Program Profesi Pendidikan Ners Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga melakukan penyuluhan “Cegah Hipertensi Dengan Cerdik” terhadap pasien mengenai pencegahan hipertensi di IRNA 6 Graha Trimed Surabaya. Tujuan dari penyuluhan ini tidak lain agar masyarakat mampu mengetahui, memahami, dan melakukan diet serta pencegahan terhadap penyakit hipertensi agar terhindar dari macam-macam penyakit komplikasi.

Acara penyuluhan dilakukan pada hari Jumat, 16 Agustus 2024 pukul 13.00 WIB di IRNA 6 Graha Trimed Surabaya oleh Mahasiswa Praktik Profesi Pendidikan Ners Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga yang dihadiri oleh Ners Ayu dan 9 orang lainnya. Acara penyuluhan dilaksanakan sesuai dengan waktu yang telah disepakati bersama. Dalam rangkaian acara terdapat penjelasan secara langsung mengenai bagaimana cara melakukan pencegahan hipertensi dengan benar, pembagian leaflet yang berisi informasi terkait cara pencegahan hipertensi, serta pemberian souvenir kepada keluarga pasien. Kegiatan ini mendapatkan respon yang baik dari keluarga pasien dengan aktif bertanya mengenai cara pencegahannya, bagaimana nutrisi yang tepat, bagaimana bentuk pola hidup sehat anti hipertensi, dan sebagainya.

 

Penulis : Alfiansyah Noor Muhammad, A2020
Editor : Nasya Puspita Anggraeni (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 51

Berita Terbaru